Latest News
Selasa, 01 Mei 2012

Pimpinan Uni Eropa Akan Boikot Piala Eropa



TB Indonesia News - Pimpinan Uni Eropa kemungkinan akan memboikot acara pembukaan dan pelaksanaan Piala Eropa di Ukraina. Tindakan ini dilakukan menyusul penahanan mantan Perdana Menteri Ukraina Yulia Tymoshenko.

Presiden Komisi Uni Eropa (UE) Jose Manuel Barroso, Senin (30/4/2012) di Brussel mengumumkan dia akan mengikuti keputusan Komisi Keadilan UE Viviane Reding yang mengatakan tidak akan hadir pada acara pembukaan Piala Eropa di Ukraina tanggal 8 Juni.

Sebelumnya, para aktivis juga memprotes keras kebijakan pemerintah Ukraina yang menahan Tymoshenko selama tujuh tahun. Para aktivis menilai, penahanan Tymoshenko terlalu dipolitisasi dan penuh motivasi politik, karena dia merupakan lawan politik Presiden Ukraina Viktor Yanukovych.

Norbert Roettgen, Menteri Lingkungan Republik Federal Jerman, juga mendesak negara-negara Eropa memboikot Euro 2012 sebagai protes atas penahanan Yulia Tymoshenko.
"Ukraina itu dipimpin diktator. Harus ada jaminan rezim di Ukraina tidak menggunakan Piala Eropa 2012 sebagai alat propaganda memperbaiki citra, tanpa melakukan reformasi," lanjutnya.

Kepada Bild, Roettgen juga mengatakan kunjungan menteri atau perdana menteri ke Ukraina seharusnya tidak dilakukan dalam situasi seperti ini. Associated Press mengkonfirmasi pernyataan Roettgen dengan menurunkan pernyataan Julika Lendvai, juru bicara Roettgen.

Lendvai mengatakan mereka kali pertama mengontak pemimpin negara-negara utama Eropa untuk tidak menghadiri pertandingan Euro 2012 di Ukraina. Piala Eropa akan berlangsung dari tanggal 8 Juni 2012 sampai tanggal 1 Juli 2012.

Turnamen akbar antar negara Eropa empat tahunan ini digelar di dua negara, yakni Ukraina dan Polandia. Sesuai rencana, pembukaan dilaksanakan di Ukraina dan penutupan di Polandia. Piala Eropa diikuti sebanyak 16 negara termasuk tuan rumah.

Kompas
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Pimpinan Uni Eropa Akan Boikot Piala Eropa Rating: 5 Reviewed By: Register Center