Latest News
Kamis, 03 Mei 2012

Inikah Anggota Kingdom Baru Makhluk Hidup?

 

TB Indonesia News - Ilmuwan menemukan mikroorganisme di lumpur danau wilayah Norwegia. Mereka mengatakan bahwa mikroorganisme tersebut kemungkinan adalah anggota dari kingdom baru makhluk hidup.

Makhluk hidup di Bumi saat ini dibagi dalam dua golongan besar, Prokaryota dan Eukaryota. Golongan Prokaryota tidak memiliki membran inti, terdiri atas bakteri dan achaea. Sementara, golongan Eukaryota mencakup alga, jamur, hewan, dan tumbuhan.

Kamran Shalchian-Tabriz, kepala Microbial Evolution Research Group (MERG) di University of Oslo meneliti makhluk baru tersebut dengan analisis morfologi dan genetik. Ia menamai makhluk itu Collodictyon dan mengatakan bahwa ciri-ciri makhluk tak merepresentasikan kingdom yang ada.

Beberapa ciri unik dari Collodictyon adalah meiliki 4 flagela, alat gerak serupa rambut yang berukuran relatif panjang. Sel mamalia, amoeba dan jamur hanya punya 1 flagelum. Sementara, beberapa alga, tumbuhan dan parasit bersel satu punya 2 flagela.

Ciri lain yang unik adalah, Collodictyon memiliki struktur internal seperti parasit. Namun, studi menunjukkan bahwa mikroorganisme baru ini mencari makan dengan cara mirip amoeba. Jadi, makhluk ini seperti gabungan antara makhluk paling primitif dan eukaryota.

Diketahui bahwa makhluk hidup tingkat tinggi bisa mengalami mutasi. Archaea sendiri baru dikenal tahun 1990. Jadi, sangat mungkin ada makhluk merupakan representasi kingdom baru saat ini. Hasil riset ini dipublikasikan di jurnal Molecular Biology Evolution. 

Kompas
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Inikah Anggota Kingdom Baru Makhluk Hidup? Rating: 5 Reviewed By: Register Center