Latest News
Rabu, 02 Mei 2012

Ditolak Bersalin, Keluarga Pasien Mengamuk di RS

 
 Puluhan keluarga pasien bersalin mengamuk lantaran keluarganya tidak mendapat pelayanan medis.

TB Indonesia News - Kesal karena ditolak dokter dan bidan rumah sakit tanpa alasan yang rasional, puluhan keluarga pasien mengamuk di ruang bersalin Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Selasa (1/5/2012) petang.
Mereka kesal lantaran keluarga mereka yang hampir melahirkan tidak mendapat penanganan medis oleh petugas rumah sakit. Dokter dan bidang rumah sakit beralasan sang pasien ditolak karena menggunakan jampersal.
Bidan rumah sakit malah meminta sang pasien agar dirujuk ke Rumah Sakit Parepare. Sejumlah bidang yang dinilai mengabaikan hak pelayanan pasien yang sedang sangat membutuhkan bantuan nyaris dipukuli keluarga pasien.
Takut jadi sasaran amuk keluarga pasien, sejumlah bidan memilih kabur dari rumah sakit entah ke mana.
Sementara pasien Nur Asia yang sudah menunggu waktu melahirkan hanya bisa meringis kesakitan tanpa mendapat penanganan dokter maupun bidang rumah sakit, agar bisa melahirkan dengan selamat.
Keluarga Nur Asia akhirnya memilih menjadi pasien umum dengan harapan segera mendapat tindakan medis untuk menyelamatkan ibu dan bayinya yang sedang berjuang untuk melahirkan anaknya.
Sayangnya, meski sudah berstatus pasein umum, tetap saja ditolak dokter dan bidang dengan beragam alasan yang tidak bisa diterima keluarga pasien.
Keluarga pasien pun makin kalap dan memburu sejumlah bidan yang dinilai mempermainkan keluarga meraka.
Keluarga kesal karena untuk sampai ke rumah sakit, Nur Asia sempat berjuang selama berjam-jam dalam perjalanan dari desanya menuju rumah sakit.
Tak dapat pertolongan, Nur Asia akhirnya dipulangkan keluarganya ke kampung halamannya kembali di Kecamatan Tapango, Polewali Mandar.
Ia digotong keluarganya kembali naik angkutan umum ke kampung halamannya.
"Saya benar-benar kecewa. Uang lebih berharga daripada menolong nyawa seorang ibu yang sedang sekarat karena ingin melahirkan," ujar Andis, suami pasien.
Rencananya Nur Asia akan dibawa keluarganya ke dukun kampung agar bisa melahirkan dengan selamat.
Andis yang kecewa berharap istrinya masih bisa bertahan hingga tiba di tangan dukun.
Andis benar-benar kecewa dengan pelayanan pihak rumah sakit yang dinilai lebih berorientasi bisnis murni dari pada berperan menyelamatkan warga yang sedang sekarat.
Apalagi sang pasien sudah bersedia menanggung segala biaya yang dibutuhkan untuk membayar jasa dokter dan bidan.
belum ada tanggapan dari pihak RSUD Polewali Mandar mengenai keluahan tersebut.

Kompas
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Ditolak Bersalin, Keluarga Pasien Mengamuk di RS Rating: 5 Reviewed By: Register Center