Latest News
Senin, 09 April 2012

Sandiaga Uno, Berlari Sambil Membantu

Sandiaga Salahuddin Uno


UKM sering ditertibkan petugas karena mereka tidak memiliki akses pendanaan.

TB Indonesia News - Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang UMKM dan Koperasi, Sandiaga Salahuddin Uno, melakukan lari maraton sebagai kepedulian dalam pengembangan usaha kecil menengah (UKM). Kegiatan lari marathon ini merupakan bagian dari acara "Berlari untuk Berbagi (BuB)".

"Program ini utamanya ditujukan bagi UMKM. Saya banyak belihat banyak sekali para pedagang kaki lima (PKL) yang diusir oleh trantib. Maka dari itu dengan adanya program ini saya berharap bisa membantu mereka," kata Sandiaga ketika ditemui dalam konferensi pers Berlari untuk Berbagi (BuB), di Driving Range, Senayan, Jakarta, Minggu 8 April 2012.

Pengusaha muda sekaligus pemilik Saratoga Group ini mengatakan, berlari adalah olahraga yang paling sederhana dan tidak membutuhkan persiapan yang banyak. Olahraga ini dapat dilakukan oleh semua kalangan sehingga dia memilih olah raga ini untuk membantu pengusaha UMKM itu.

Dia menuturkan, kepeduliannya ini berawal ketika pada 2000 lalu, ketika Sandiaga Uno berlari di pagi hari, dia melihat banyak pedagang-pedagang kecil yang sudah berjualan sejak subuh. Kemudian, dia sering bercakap-cakap dengan mereka untuk mengetahui lebih jauh tentang usahanya itu. UKM itu, lanjut Sandi, sering ditertibkan oleh petugas karena mereka tidak memiliki akses pendanaan.

"Ketika berlari banyak yang harus kita bantu, anak jalanan, UKM, mereka bisa jadi aset bangsa. Saya lihat perjuangan pagi-pagi, mereka tak bisa naik kelas, selalu mentok di level tertentu. Kalau mereka tak kita bantu, mereka jadi beban bagi bangsa. Ini program yang simpel, hobi lari di gabungkan dengan charity," ujarnya.

Dia menuturkan, program BuB itu merupakan rangkaian latihan terakhir menjelang diselenggarakannya marathon pada 15 April di Paris, Perancis, dan 22 April di Denpasar, Bali.

Dalam program ini, Sandi menggandeng The Learning Farm untuk bekerjasama dalam satu misi meningkatkan kesejahteraan hidup para pemuda prasejahtera di Indonesia.

Yayasan ini bertujuan untuk membekali pemuda Indonesia agar menjadi lebih mandiri secara ekonomi, serta mampu menjadi anggota masyarakat yang lebih produktif melalu pembelajaran pertanian organik, pengembangan usaha, dan keterampilan hidup lainnya.

Sebagai informasi, pagi ini Sandiaga Uno beserta 26 peserta lainnya melakukan latihan lari maraton dengan menelusuri rute Senayan-Monas-Senayan. Program BuB merupakan program amal yang diprakarsai oleh Sandiaga Uno sejak 2009. Program tersebut diwujudkan dengan mengikuti lomba lari marathon setiap tahun di mana pada setiap kilometer yang ditempuh, dia menawarkan kepada individu dan perusahaan untuk memberikan donasi sejumlah nilai tertentu kepada yayasan yang dipilih.

Dari setiap kilometer yang disumbangkan tersebut, Sandiaga akan menggandakan seluruh donasi yang telah disumbangkan hingga menjadi dua kali lipat untuk kemudian disumbanglan kepada yayasan yang ditunjuk oleh donatur yang bersangkutan.

• VIVAnews
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Sandiaga Uno, Berlari Sambil Membantu Rating: 5 Reviewed By: Register Center