Latest News
Jumat, 13 April 2012

Antisipasi Gempa, Jatim Siapkan Alat Deteksi

Peta lokasi episentrum gempa bumi Sumatera.


Dua alat Early Warning System terpasang di dua wilayah pesisir selatan Jawa Timur.


TB Indonesia News - Badan Penanggulangan Bencana Daerah  Provinsi Jawa Timur memastikan bahwa dua alat Early Warning System (EWS) yang terpasang di dua wilayah pesisir selatan Jawa Timur mampu mendeteksi jika sewaktu-waktu terjadi gempa atau tsunami di wilayah Jatim.

"Di dua lokasi pesisir wilayah Jatim, yakni di Banyuwangi dan Pacitan telah terpasang Early Warning System. Itu mampu memberikan laporan jika sewaktu-waktu terjadi sesuatu," kata Kepala BPBD Jatim Sudharmawan Kamis, 12 April 2012.

Dia menuturkan, pemasangan alat peringatan dini di dua wilayah itu memang sengaja dilakukan karena sebagai prioritas di kawasan pesisir. Sedangkan daerah lainnya akan dilakukan menyusul.
Selain itu, Sudharmawan menambahkan, untuk dua wilayah terpasang EWS itu juga telah memiliki dokumen berkesinambungan yang berisi kekuatan sumber daya yang bisa digerakkan sewaktu-waktu jika terjadi bencana.

"Termasuk kesiapsiagaan relawan, ketersediaan logistik dan penentuan jalur-jalur evakuasi untuk warga masyarakat menuju lokasi aman," tegasnya.

Alasan lainnya, kata dia, pemasangan dua alat di daerah pesisir memang menjadi prioritas karena utamanya berada di pesisir selatan Jawa. "Karena daerah lainnya termasuk wilayah pantai utara Jatim tidak mengkhawatirkan," lanjutnya.

Dia melanjutnya meski wilayah Jatim aman dari kemungkinan gempa, BPBD Jatim tetap bersiap diri jika terjadi musibah gempa atau tsunami guna tindakan penyelamatan.
Di antaranya, terus melakukan komunikasi dengan pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) juga dengan BPBD di semua kabupetan/kota. Termasuk, mensosialisasikan kesiapsiagaan sampai ke desa-desa di semua wilayah pesisir di Jatim. "Jatim juga telah siapkan dana on call sebesar Rp2 miliar," kata dia.

• VIVAnews
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Antisipasi Gempa, Jatim Siapkan Alat Deteksi Rating: 5 Reviewed By: Register Center