Latest News
Minggu, 15 Januari 2012

Operator Concordia: Kapal Menabrak Karang


Kapal pesiar Costa Concordia tenggelam di 
perairan Italia. (REUTERS/Giglionews.it/Giorgio Fanciulli)

"Karang itu tidak tercatat atau ditandai dalam peta maritim apapun di wilayah itu."

Minggu, 15 Januari 2012, 15:27 WIB
VIVAnews – Operator kapal Costa Concordia mengatakan, Concordia sedang dalam pelayaran rutinnya ketika tiba-tiba menghantam karang di bawah permukaan laut. Kapal pesiar mewah milik perusahaan Italia itu pun kram di lepas pantai Tuscan, perairan Italia.

Reuters melaporkan, Kapten Kapal Francesco Schettino dalam wawancara televisi menyatakan, karang itu tidak tercatat atau ditandai dalam peta maritim apapun di wilayah tersebut. Presiden Costa Cruises, Gianni Orotaro, membela sang kapten kapal.

Orotaro mengatakan, kapten kapal “melakukan manuver yang bertujuan untuk melindungi baik penumpang maupun kru kapal.” Namun manuver upaya penyelamatan itu dikatakan menjadi “rumit karena derajat kemiringan kapal yang tiba-tiba.”

Kapten Kapal Francesco Schettino dan Perwira Pertama Ciro Ambrosio sendiri ditahan oleh kepolisian Italia, menyusul kecelakaan yang menimpa kapal yang mereka nahkodai. Keduanya dituduh menjadi penyebab kandasnya Concordia. Mereka juga dituding melakukan pembunuhan karena meninggalkan kapal lebih dahulu, sementara para penumpang masih dalam situasi bahaya.

Sebuah sumber mengatakan, Schettino, kapten kapal berusia 52 tahun asal Napoli, Italia, itu telah meninggalkan kapal sekitar pukul 23.00 waktu setempat – sekitar satu jam setelah kapal menabrak karang dan kapal mulai tergenang air. Padahal, para penumpang Concordia sendiri baru diselamatkan pada pukul 03.00 Sabtu dini hari.

Juru bicara penjaga pantai, Filippo Marini, menolak untuk berkomentar soal penyebab kecelakaan. “Berdasarkan investigasi yang dilakukan sejauh ini, terlalu prematur untuk berspekulasi mengenai penyebab kecelakaan,” kata dia.

Costa Concordia dibangun pada tahun 2004-2005 dengan biaya US$570,7 juta di galangan kapal Fincantieri Sestri di Italia. Operator Costa Concordia, Costa Crociere, termasuk salah satu unit dari Carnival Corp & Plc – perusahaan kapal siar terbesar di dunia.

Dengan kemewahan yang ditawarkan, kapal sepanjang 259,08 meter itu memiliki tarif sekitar £1.200 atau setara dengan Rp16,7 juta per penumpang per malam. Costa Concordia dilengkapi sarana hiburan mewah seperti 4 kolam renang, 5 restoran, dan 13 bar.

Sumber : VIVAnews
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Operator Concordia: Kapal Menabrak Karang Rating: 5 Reviewed By: Register Center