Latest News
Jumat, 20 Januari 2012

Mahasiswa kembangkan buku belajar berbentuk komik

Berangkat dari fakta bahwa kebanyakan buku panduan untuk mata pelajaran pengukuran dasar kurang menarik minat baca siswa, seorang mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta  membuat buku pelajaran pengukuran dasar Jurusan Teknik Permesinan, Sekolah Menengah Kejuruan, dalam bentuk komik.

"Media pembelajaran berbentuk komik itu menyuguhkan pemahaman tentang jenis-jenis alat ukur, teknik praktik, dan prosedur pengukuran benda saat praktik yang disampaikan dengan gambar yang berurutan," kata Dana Rizki Adnan, nama sang mahasiswa, di Yogyakarta, Minggu.

Muncul ide untuk membuat suatu buku yang menarik, katanya. "Dan komik yang muncul di pikiran saya karena komik digemari remaja dan dapat dibaca di mana saja."

Buku media pembelajaran berbentuk komik ini terdiri atas lima bab dan dibuat berdasarkan skenario yang telah direncanakan. Tahap pembuatannya diawali dengan menggambar sketsa pada kertas A4 dan memindai sketsa.

"Selanjutnya, menyunting sketsa dengan menggunakan manga studio yang meliputi pembuatan panel komik, memberi tone pada gambar, memberi karakter atau balon kata, melakukan review gambar komik yang sudah jadi, dan mencetak komik dengan ukuran A5," papar Dana

Sumber :  ANTARA News
 
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Mahasiswa kembangkan buku belajar berbentuk komik Rating: 5 Reviewed By: Register Center