Latest News
Rabu, 18 Januari 2012

Hitler Curi Konsep VW dari Insinyur Yahudi


Volkswagen Beetle

Adolf Hitler dituding telah mencuri ide dan memutarbalikkan sejarah.

Diktator Jerman, Adolf Hitler, dituding mencuri ide desain Volkswagen Beetle dari seorang insinyur Yahudi bernama Josef Ganz. Dilansir harian Daily Mail, Rabu 18 Januari 2012, VW Beetle atau dikenal sebagai mobil rakyat, dipandang banyak orang sebagai salah satu hasil karya terbaik Hitler saat dia berkuasa.

Namun belakangan, karya itu diketahui bukanlah ide Hitler. Dalam buku yang berjudul "The Extraordinary Life of Josef Ganz" karya Paulus Schilperoord, disebutkan Hitler telah mencuri ide dan memutarbalikkan sejarah.

Hitler memang pernah ingin menciptakan sebuah mobil rakyat dengan kapasitas empat kursi, dilengkapi AC, dengan biaya tidak lebih dari 1.000 Reichsmark. 

Namun, tiga tahun sebelum Hitler menggambarkan "ide" itu kepada Ferdinand Porsche di sebuah hotel di Berlin. Ia telah lebih dulu melihat sebuah mobil prototipe Maikaefer atau May Bug, buatan insinyur Yahudi bernama Josef Ganz, di pameran mobil tahun 1933.

Dari situlah Hitler mencontek desain May Bug, yang diketahui memiliki bentuk bodi dan sasis seperti kodok (mesin berada di bagian belakang). Ia langsung membuat sketsa dan menyerahkannya Ferdinand Porsche.

Gambar-gambar May Bug juga pernah dipublikasikan di majalah otomotif yang dimiliki Ganz. Tapi akhirnya pada tahun 1935 majalah itu ditutup oleh Hilter karena bermasalah dengan Gestapo.

"Begitu banyak hal dari desain pada sketsa Hitler yang sama," kata Schilperoord. "Hitler jelas melihat prototipe itu dan aku yakin dia pasti telah membaca majalah Ganz untuk menggambarkan mobil rakyat versinya."

  Sumber : VIVAnews
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Hitler Curi Konsep VW dari Insinyur Yahudi Rating: 5 Reviewed By: Register Center