Latest News
Rabu, 22 Februari 2012

Ini Cara "Piramida" Gunung Padang Dibangun

Sketsa imajiner Gunung Padang oleh arkeolog Pon Puradjatnika, anggota Tim Bencana Katastropik Purba.  


Dibangun oleh 2.000 warga dari dua desa jaman baheula selama lima tahun.

TB Indonesia News -- Sudah sejak abad ke-16, keberadaan Gunung Padang yang menyimpan situs Megalitikum terbesar di Asia Tenggara sudah diketahui keberadaannya. Bahkan sudah dipetakan oleh Puslit Arkernas.

Sempat tenggelam karena miskin perhatian, baru-baru ini Indonesia digegerkan dengan temuan Tim Katastropik Purba. Bahwa tak sekedar di permukaan, ternyata ada bangunan buatan manusia berteknologi tinggi dari masa 4.700 tahun Sebelum Masehi di Gunung Padang. 
Dr Didit Oentowirjo, salah satu anggota Tim Katastropik Purba, juga mencoba menghitung jumlah batu dan orang yang mengerjakan struktur itu. Asumsi itu dibuat Didit berdasarkan data geolistrik dan georadar. Didit juga menaksir berapa lama Piramida Gunung Padang itu dibangun.

Berikut ini perhitungannya. Didit berasumsi punden berundak memiliki lima tingkat, dengan ukuran 50 m x 100 m x tingginya 10 m. Jika tiap batu dakon penyusunnya berukuran, 0,3 x 0,3 x 1,5 m,  "akan diperlukan 3.703.703 batu dakon," demikian rilis Tim Katastropik Purba yang diterima VIVAnews.com, Selasa 21 Februari 2012.

Sementara, untuk jumlah orang yang membangunnya diperkirakan berjumlah 2.000 orang. "Tiap dua orang mengangkat satu batu dakon dari lokasi pembuatan hingga puncak. Tiap angkat lamanya 4 jam, dengan asumsi dalam sehari mereka bekerja selama 8 jam kerja. "Berarti tiap hari ada 2.000 batu yang terangkat."

Berat satu batu dakon diperkirakan sekitar 300 kilogram. Diperkirakan di masa itu, para pembangun "piramida" sudah menggunakan teknologi katrol seperti timba -- yang mengurangi beban angkat dari 150 kilogram per orang, menjadi 75 kilogram.

Kemudian, terkait lamanya waktu pembangunan, Didit membagi jumlah keseluruhan batu dakon dengan jumlah batu yang terangkat dalam satu hari, yakni 2.000 batu. "Maka, diperlukan 1.851 hari atau lima tahun saja," jelas tim.

Kesimpulannya, bangunan piramidal tersebut bukan tak masuk akal dilakukan saat itu. "Bangunan semegah punden berundak 5 teras Gunung Padang bisa dibangun oleh 2.000 orang warga 2 desa jaman baheula dalam waktu 5 tahun."

Sumber : VIVAnews
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Ini Cara "Piramida" Gunung Padang Dibangun Rating: 5 Reviewed By: Register Center