Latest News
Minggu, 07 Oktober 2012

Geliat Komisi Pendidikan LSM Talago Batuah-RI dalam Mencerdaskan Bangsa

 TB Indonesia News - Lembaga kursus sebagai institusi pendidikan memegang peranan penting dalam upaya mencerdaskan bangsa terutama di bidang life skill atau kecakapan hidup. Oleh sebab itu Pigeon Family Group Komisi Pendidikan LSM Talago Batuah RI yang bergerak melalui lembaga kursus pula banyak dilahirkan para profesi yang mampu mengisi berbagai bidang pekerjaan baik untuk kebutuhan lokal maupun internasional. kursus yang merupakan bagian penting dalam pendidikan non formal mampu bersinergi dengan pendidikan formal.
Lembaga kursus yang sebagian besar dikelola secara mandiri (swasta) lebih visioner dan kreatif pada penyelenggaraan-nya. karena bila tidak demikian cepat atau lambat lembaga kursus akan  tergilas oleh persaingan global. Oleh karena itu, upaya untuk memajukan kursus seyogyanya dilakukan dengan totalitas baik oleh pemerintah, swasta maupun masyarakat demi terciptanya sumber daya manusia yang berpengetahuan dan terampil.
Atas dasar tersebut, Aguspiadi, S.PdI selaku Tenaga Pendidik salah satu Kursus PFG LSM Talago Batuah-RI mengatakan ”kami akan senantiasa menyusun susun company profile sebagai instrumen dan track record perkembangan lembaga sampai beberapa tahun ke depan. dengan profil tersebut dinas pendidikan serta pihak terkait  dapat mengontrol / mengetahui sejauh mana kiprah lembaga terhadap pendidikan di wilayahnya” katanya, selanjutnya lagi ”kami juga berusaha meningkatkan Image Lembaga pendidikan kami dengan mengundang pihak-pihak asing terutama luar negeri untuk berkunjung ke lembaga kami agar dapat memberikan masukan positif bagi lembaga ini” pungkas Piadi.

Lalu Yan Salam Wahab, SHI selaku Direktur Lembaga Talago Batuh RI juga mengatakan ”Pendidikan merupakan proses untuk mengintegrasikan individu yang sedang mengalami pertumbuhan ke dalam kolektivitas masyarakat. Dalam kegiatan pendidikan terjadi pembinaan terhadap perkembangan potensi peserta didik untuk memenuhi kelangsungan hidupnya secara pribadi dan kesejahteraan kolektif di masyarakat”.
Dan selanjutnya Piadi menambahkan “Sebagai usaha sadar, pendidikan diarahkan untuk menyiapkan peserta didik melalui bimbingan, pengajaran, dan latihan dalam rangka mengisi peranan tertentu di masyarakat pada masa yang akan datang”.
Dalam pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, tercantum butir kalimat mencerdaskan kehidupan bangsa, makna dari kalimat tersebut sangat erat kaitannya dengan pendidikan. Pendidikan menjadi instrument untuk mewujudkan masyarakat dan bangsa yang cerdas, pendidikanlah yang harus dirancang dan diimplementasikan secara baik. Salah satu faktor untuk mewujudkan kecerdasan bangsa dan pendidikan yang maju adalah terciptanya budaya baca di dalam masyarakat. Dengan adanya pendidikan yang maju khususnya dalam ini pendidikan kursus dan budaya baca yang telah mengakar pada masyarakat maka akan muncul masyarakat dan bangsa yang cerdas dalam kehidupannya.
Lalu Yan juga mengatakan “UU No. 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional pasal 13, memuat jalur pendidikan yang terdiri atas pendidikan formal, nonformal dan informal  yang dapat saling melengkapi dan memperkaya. Ketiga jalur pendidikan tersebut satu kesatuan sub sistem untuk mencapai tujuan pendidikan nasional” pungkasnya. Pendidikan nonformal bermuara pada tujuan utama pendidikan nasional, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa; mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki kemampuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri, serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan. (red)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Geliat Komisi Pendidikan LSM Talago Batuah-RI dalam Mencerdaskan Bangsa Rating: 5 Reviewed By: Register Center