Latest News
Minggu, 01 Juli 2012

Penjualan mobil semester kedua diperkirakan turun

ilustrasi produksi industri otomotif
TB Indonesia News - Penjualan mobil diperkirakan turun sekitar 10 persen pada semester kedua dibandingkan semester satu yang menembus angka di atas 500 ribu unit.

"Ketentuan baru Bank Indonesia mengenai uang muka kredit kendaraan bermotor, akan berdampak pada penjualan mobil semester kedua ini," kata salah satu Ketua Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Johnny Darmawan kepada ANTARA, di Jakarta, Minggu.

Ia memperkirakan penjualan akan turun sekitar 10 persen pada semester kedua, terutama setelah Hari Raya Idul Fitri. Pada Juli, ia memperkirakan penjualan masih akan mengalami pertumbuhan karena permintaan biasanya meningkat menjelang Lebaran.

"Tapi mulai September, kemungkinan penjualan mobil akan turun," ujar Johnny yang juga Presdir PT Toyota Astra Motor (TAM) itu.

Ia mengatakan, dampak ketentuan baru BI mengenai uang muka kredit kendaraan bermotor yang berlaku 15 Juni 2012 akan terasa pada semester kedua dan belum mempengaruhi penjualan pada Juni.

"Penjualan mobil pada Juni bahkan menembus angka 98 ribu unit, naik dibandingkan bulan sebelumnya. Hal itu karena penjualan dan kontrak-kontrak pembelian didorong sebelum berlaku ketentuan uang muka yang baru," katanya.

Johnny mengatakan pengaruh ketentuan baru BI soal uang muka itu, telah mempengaruhi penjualan sepeda motor dan alat berat yang mengalami penurunan cukup besar, sekitar 30 persen.

Menurut dia, penurunan pembelian alat berat juga terpengaruh kebijakan pemerintah di sektor pertambangan seperti penerapan bea keluar sejumlah produk mineral.

"Kami berharap pemerintah tidak membuat lagi kebijakan yang menurunkan permintaan masyarakat terhadap produk dalam negeri, karena salah satu tumpuan pertumbuhan ekonomi adalah konsumsi dalam negeri," ujar Johnny yang juga menjadi salah satu Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo).

Dengan kondisi yang ada saat ini, ia memperkirakan penjualan mobil di dalam negeri sampai akhir tahun tidak akan menembus angka satu juta unit. Ia memperkirakan penjualan pada angka 980 ribu unit. 
 
Antara
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Penjualan mobil semester kedua diperkirakan turun Rating: 5 Reviewed By: AKN