Latest News
Minggu, 29 Januari 2012

Murdoch Batasi Akses Google ke Media Miliknya


Rupert Murdoch, konglomerat bisnis media massa, 
pemilik News Corp. (askmen.com)

Jika seluruh media massa melakukan ini, pembaca tidak punya pilihan lain.

TB Indonesia News - Pimpinan News Corp, Rupert Murdoch mengatakan akan membatasi akses Google dan Microsoft terhadap suratkabar yang ia pimpin. Murdoch menyatakan hanya akan memberi Google atau Microsoft judul-judul dan satu atau dua kalimat dari berita dalam media-media massa yang ia miliki.

Dalam wawancara dengan Marvin Kalb, Murdoch juga memperkirakan bahwa sebagian besar media cetak Amerika Serikat (AS) akan mengikuti langkahnya untuk menarik bayaran dari pembaca The Wall Street Journal dalam jaringan. Murdoch pun berencana menetapkan tarif membaca bagi The Times London.

"Saya pikir sebagian besar harian di AS akan meminta pembaca membayar untuk versi dalam jaringan," ujar Murdoch seperti dikutip laman harian Telegraph.

Murdoch menegaskan bahwa dia akan terus berusaha menghentikan pihak seperti Google atau Microsoft yang mengambil berita dari medianya tanpa membayar. Murdoch mengungkapkan bahwa sebagian besar hasil pencarian Google berasal dari suratkabar.

"Saya rasa ini harus dihentikan, pemilik koran pun harus bersikap tegas dan membuat Google melakukan reportase sendiri," kata Murdoch.

Selain itu, Murdoch menilai bahwa konsumen akan meninggalkan media yang mengharuskan mereka membayar untuk membaca. "Jika seluruh media massa melakukan ini, pembaca tidak memiliki pilihan lain," ujar dia.

Sumber : VIVAnews
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Murdoch Batasi Akses Google ke Media Miliknya Rating: 5 Reviewed By: Register Center