Latest News
Kamis, 21 November 2013

Pakar Australia: PM Abbott Harus Atasi Krisis dengan Indonesia

PM Tony Abbott. 
PM Tony Abbott. 


Bersikap rendah hati di saat genting seperti ini amat diperlukan. 
TB News – Hubungan memburuk antara Indonesia dan Australia tak menyenangkan hati banyak pihak di Negeri Kanguru. Tak hanya kalangan media dan politisi Australia yang mendesak Perdana Menteri Tony Abbott untuk segera bergerak mencari solusi atas ketegangan diplomatik dengan Indonesia, tapi juga sejumlah pengamat politik di negeri itu.

Profesor Hugh White dari Pusat Studi Pertahanan dan Strategis Australian National University, Kamis 21 November 2013, menyatakan PM Abbott harus menawarkan konsesi sigfikan kepada Indonesia untuk menyelesaikan perselisihan kedua negara yang disebabkan oleh terungkapnya penyadapan Australia terhadap Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dan sejumlah pejabatnya.

White mengatakan, bersikap rendah hati pada saat seperti ini akan lebih menguntungkan untuk jangka panjang. “Abbott berada dalam masalah. Hubungan Indonesia-Australia rapuh dan mudah disalahpahami oleh kedua belah pihak seperti yang sekarang terjadi. Ini soal ketidakpercayaan dan kecurigaan,” kata dia seperti dilansir Sydney Morning Herald.

White menilai salah satu masalah yang dihadapi Abbott dalam mengatasi krisis dengan Indonesia adalah ia cenderung percaya pada retorikanya sendiri. “Dia pikir pada dasarnya Indonesia dan Australia punya hubungan yang sangat kuat. Tapi sebenarnya tidak,” ujar White.

Editor politik salah satu harian Australia, Michael Gordon, juga mendesak Abbott mengambil langkah cepat untuk memulihkan hubungan bilateral dengan Indonesia. “Ambil teleponmu, Tony! Sudah waktunya berbicara apa adanya untuk meyakinkan pria yang kamu sebut sebagai ‘salah satu teman terbaik Australia di dunia’,” kata dia.

Juru bicara urusan luar negeri kelompok oposisi Australia, Tanya Plisbersek, menyampaikan dukungan dan komitmen oposisi terhadap pemerintah dalam memperbaiki hubungan dengan Indonesia. Plisbersek mengatakan pertikaian diplomatik kedua negara tak boleh berlangsung lebih lama lagi.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Pakar Australia: PM Abbott Harus Atasi Krisis dengan Indonesia Rating: 5 Reviewed By: Register Center