Latest News
Rabu, 18 September 2013

Cerita Remaja 17 Tahun Taklukkan Malaysia dengan Cello

 
Lita Liviani Tandiono
TB News - Ditengah peristiwa menyedihkan yang seringkali menorehkan citra negatif akan negeri ini, sebuah kabar membanggakan dibawa oleh  Lita Liviani Tandiono. Remaja berusia 17 tahun ini baru saja menggondol tiga penghargaan dalam festival musik yang digelar Malaysia Youth Orchestra Foundation pada 14-15 September kemarin,  di Putrajaya Marriot Hotel Malaysia. 

Lewat alat musik Cello yang dimainkannya, Lita berhasil memukau juri yang datang dari Singapura, Malaysia serta Amerika Serikat.  Apalagi, Lita harus bersaing dengan puluhan peserta yang datang dari seluruh Negara di Asia.

Tak tanggung-tanggung, Lita meraih tiga penghargaan dalam kategori yang berbeda. Diantaranya : 1st Price Cello Solo Performance Category, 2nd Place Young Artists Cello Category, 2nd Price Instrumental Ensemble Performance Category bersama  Trio  yang dibentuknya bersama Edith Claudia Atmadja (piano) serta  Kevin Georgius Atmadja (violin).

Lita yang Desember 2012 silam pernah menggelar konser recital solo Cello di Sydney Opera House, menganggap kejuaraan ini begitu penting dalam catatan prestasinya. “Ini pertama kalinya aku ikut lomba dengan memainkan Cello. Soalnya, selama ini lomba yang mempertontonkan keahlian main Cello kan jarang ada. Dan bersyukurnya, baru  pertama kali ikut eh malah menang,” ujar Lita kepada VIVAlife, Rabu 18 September 2013.

Diusianya yang masih remaja, Lita memang piawai memainkan Piano, Biola, Flute  serta Cello dengan sama baiknya. Berbagai penghargaan di tanah air serta internasional pernah diraihnya saat memainkan piano dan biola. Diantaranya second place winners di American Protégé International of Romantic Music 2011 untuk kategori Piano.

Namun, pesona Cello sebagai fondasi dalam suara orchestra modern, rupanya membuat Lita jatuh cinta. “Aku pertama kali kenal Cello di usia 8,5 tahun. Tapi, baru benar-benar memainkannya di usia 13 tahun. Latihannya benar-benar serius dan disiplin banget. Mungkin lebih keras dan serius ketimbang saat aku memulai berlatih piano, biola atau Flute,” jelas putri pertama pasangan Iwan Tandiono dan  Ifiwati Wibowo ini.

Sebelumnya berbagai catatan prestasi di bidang musik yang diperolehnya selama ini, rupanya tak membuat Lita puas. Lita ingin mengasah kemampuannya dengan mengambil pendidikan khusus di sekolah musik secara serius.

“Ya ada rencana sih, tapi kemana tujuannya, rahasia dulu deh,” tutupnya.



• VIVAlife
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Cerita Remaja 17 Tahun Taklukkan Malaysia dengan Cello Rating: 5 Reviewed By: Register Center