Latest News
Selasa, 15 Mei 2012

H. ZULFAHMI, SH. MH Sukseskan Penganugerahan gelar Adat Untuk Gubernur Jambi bersama Masyarakat Semurup


TB Indonesia News – Pada Acara Kencuri Sko dan Mandi Balimau yang diselenggarakan oleh masyarakat Tigo Luhah Semurup, para tokoh masyarakat dan tokoh adat Tigo Luhah Semurup menyatakan dukungannya terhadap kepemimpinan Gubernur Jambi H. Hasan Basri Agus (HBA).
Selanjutnya di ikuti dengan Penganugerahan Gelar adat yang diberikan oleh masyarakat adat Tigo Luhah Semurup kepada Gubernur Jambi adalah Depati Pagar Negaro Pamuncak Tanah Jambi. Gubernur Jambi H. Hasan Basri Agus (HBA) menerima gelar adat dari Tigo Luhah Semurup pada acara Kenduri Sko yang diselenggarakan di Desa Semurup Kecamatan Air Hangat Kabupaten Kerinci (Minggu, 13/5). Selain Gubernur Jambi HBA, gelar adat juga diberikan kepada Bupati Kerinci H. Murasman dengan gelar Depati Intan Pagar Jati Pamuncak Kerinci.
Gubernur Jambi HBA juga mengharapkan melalui kegiatan yang dilksanakan  tersebut akan tumbuh sikap dan daya kritis yang cerdas dari masyarakat dalam menyeleksi nilai dan budaya global, sehingga tidak terjadi pengikisan nilai-nilai dan jati diri lokal yang positif.
Pada kesempatan ini Gubernur HBA juga menambahkan bahwa dirinya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Pemerintah Daerah dan masyarakat Kabupaten Kerinci yang tetap melestarikan keragaman budaya yang ada di Kabupaten Kerinci.
Gubernur HBA pada kesempatan ini juga menambahkan bahwa prosesi Kenduri Sko yang dilaksanakan ini sangat bermanfaat bagi perkembangan budaya Bumi Sakti Alam Kerinci dan Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah Terlebih lagi dalam era otonomi daerah, pengelolaan kekayaan budaya telah diserahkan kewenangannya kepada pemerintah daerah. Sehingga kekurang fahaman, apresiasi dan komitmen pemerintah dan masyarakat daerah di dalam pengelolaan kekayaan budaya akan berdampak pada penurunan kualitas pengelolaan kekayaan budaya daerah. Dalam kerangka penguatan budaya nasional dan nilai-nilai luhur bangsa.
 “Mari kita serengkuh dayung dan seentak satang melayarkan khasanah adat istiadat dan kebudayaan. Hindarkan samo sebiduk selantai idak antara pemerintah dan masyarakat serta pemangku adat,” harapan Gubernur.
Bupati Kerinci dalam sambutannya juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada masyarakat Tigo Luhah Semurup, utamanya kepada para pemangku adat yang telah sudi memberikan gelar adat kehormatan kepada dirinya dan Gubernur Jambi. Dan juga terutama kepada Panitia pelaksana yang di ketuai oleh H. Zulfahmi, SH. MM yang telah berhasil melaksanakan acara tersebut dengan sukses.
Setelah penobatan pemberian gelar adat dilaksanakan, dilanjutkan dengan prosesi ritual mandi balimau yang dilakukan oleh anak jantan anak batino tigo luhah Semurup dimana ritual mandi balimau ini disaksikan langsung oleh Gubernur Jambi HBA beserta Hj. Yusniana dan Bupati Kerinci.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: H. ZULFAHMI, SH. MH Sukseskan Penganugerahan gelar Adat Untuk Gubernur Jambi bersama Masyarakat Semurup Rating: 5 Reviewed By: Register Center