Latest News
Senin, 19 Maret 2012

Penimbun BBM di Manado Manfaatkan Jasa Preman

Pihak tak bertanggungjawab menimbun BBM jelang kenaikan harga


Mereka bahkan tak segan langsung mengambil selang dan mengisikan premium ke jerigen.

TB Indonesia News -- Sejumlah pihak tak bertanggung jawab berusaha mendapatkan keuntungan terkait rencana pemerintah harga bahan bakar (BBM) awal April 2012 mendatang. Dengan cara menimbun BBM.

Di sejumlah SPBU di Manado mereka bahkan menggunakan modus baru membeli dan menimbun BBM: memanfaatkan jasa preman.

Pantauan VIVAnews di salah satu SPBU, nampak preman menyerobot antrean untuk melakukan pengisian BBM ke jerigen berkapasitas 25 liter. Mereka bahkan tak segan langsung mengambil selang dan mengisikan premium ke jerigen yang mereka bawa menggunakan motor matik

"Sehari para preman bolak-balik hingga 6-8 kali ke SPBU, secara kasar mereka langsung mengambil alat berupa selang pengisian dari dispenser pengisian premium" ujar seorang wanita petugas SPBU di pusat Kota Manado yang takut namanya di publikasikan kepada VIVAnews.com, Minggu 18 Maret 2012.

SPBU yang didominasi dengan petugas wanita itu tak kuat menghentikan ulah dari para preman yang leluasa mengambil dengan bebas alat pengisian untuk mengisi BBM jenis bensin di jerigen mereka,

"Kami tak bisa buat apa-apa, karena hampir merata petugas di sini perempuan, sebenarnya kami tidak membolehkan pengisian di jerigen" lanjut petugas wanita itu. "Kami diancam jika hal ini dilaporkan."

Saat dikonfirmasi, Kabid Humas Kepolisian Daerah Sulawesi Utara, AKBP Denny Adare mengatakan, pihaknya secara rutin melakukan operasi razia premen bersama jajaran Polres dan Polsek."Para preman yang seenaknya mengisi BBM di jerigen akan kami tindak, Satuan Reskrim juga hari ini turun mengawasi SPBU yang rawan dengan preman" ujar Denny.

Sebelumnya, Kepala Kepolisian RI Jenderal Timur Pradopo mengatakan petugas keamanan juga akan ditempatkan hingga di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), mengantisipasi dampak kenaikan BBM.

"Semua hal-hal yang terkait masalah kerawanan di dalam rencana kenaikan BBM, termasuk penimbunan dan SPBU saya kira menjadi tugas Polri untuk mengamankan," kata Kapolri di Jakarta, 16 Maret 2012.

Selain itu, Timur Pradopo juga meminta masyarakat bekerja sama, terutama dalam memberikan informasi jika ada penimbunan BBM. "Sehingga polisi bisa memproses dan itu tadi tidak merugikan masyarakat," ucapnya.

VIVAnews
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Penimbun BBM di Manado Manfaatkan Jasa Preman Rating: 5 Reviewed By: Register Center