Latest News
Minggu, 12 Februari 2012

Sepak Bola Wanita Indonesia Minim Perhatian

Tim sepak bola wanita Iran (Press TV)
TB Indonesia News -  Jepang telah membuka mata dunia terhadap kekuatan negara Asia di pentas sepak bola wanita usai merebut gelar juara dunia 2011. Di babak final, Jepang berhasil mengalahkan Amerika Serikat 3-1 lewat drama adu penalti usai bermain imbang 2-2. 
Sayang sukses Jepang mempopulerkan sepak bola wanita di negaranya belum bisa diikuti oleh negara-negara Asia lainnya, termasuk Indonesia. Sampai saat ini, Indonesia justru masih kesulitan untuk mengembangkan sepak bola di kalangan wanita tanah air. 
Anggota Komite Sepak Bola Wanita PSSI, Monica Desideria mengatakan, sosialisasi sepak bola wanita di Indonesia sebenarnya sudah dilakukan sejak tiga tahun lalu. Caranya dengan menggelar kejuaraan antar pengprov dan klub di seluruh Indonesia. Namun kegiatan seperti ini kerap terkendala oleh minimnya sponsor. 
"Mereka membayangkan bahwa pemain sepak bola perempuan kekar dan menakutkan sekali, padahal tidak begitu,” kata Monica di Kantor Radio Makobu, Soekarno Hatta, Malang, Sabtu, 11 Februari 2012.  
Monica menjelaskan bahwa sejauh ini klub-klub sepak bola wanita masih didominasi oleh Papua. PSSI sendiri menurutnya belum melakukan langkah optimal untuk mengembangkan sepak bola wanita. Fokus PSSI masih kepada sepak bola yang dimainkan oleh laki-laki.
Untuk mempopulerkan sepak bola wanita, PSSI menurut Monica telah merancang berbagai kegiatan. Mulai dari menggelar workshop ke tiap pengurus provinsi (pengprov) hingga menggelar kompetisi usia 12-13 tahun. Selain itu, PSSI juga akan mendatangkan pelatih berlisensi FIFA untuk berbagi dengan pelatih Indonesia.
"yang penting kita harus mempunyai pelatih khusus untuk sepak bola wanita di Indonesia,” beber Monica. 
Menurut Monica, klub klub sepakbola wanita di Indonesia sebenarnya sudah cukup banyak. Namun perkembangannya terkendala oleh minimnya kompetisi resmi yang digelar oleh PSSI. 
"Tahun ini kompetisi sepak bola wanita akan kami selenggarakan lagi. Bisa dilakukan Pengprov juga klub-klub yang bersangkutan demi menggalakan sepak bola wanita di Indonesia," kata Monica. (umi)


Sumber : VIVAbola
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Sepak Bola Wanita Indonesia Minim Perhatian Rating: 5 Reviewed By: Register Center