Latest News
Minggu, 26 Februari 2012

Pemerintah Pusing Pikirkan Formula Harga BBM




Dahlan Iskan

Butuh diskusi siang malam agar kenaikan harga BBM tak menambah jumlah masyarakat miskin.

TB Indonesia News - Pemerintah terus mencari solusi agar rencana kenaikan harga BBM tidak berpengaruh terhadap lonjakan jumlah masyarakat miskin. Pasalnya, setiap kebijakan kenaikan harga BBM muncul selalu diikuti kenaikan jumlah masyarakat miskin.

“Untuk menaikkan harga BBM cukup berat. Rencana ini telah dipikirkan selama dua tahun,” kata Menteri BUMN, Dahlan Iskan di Auditorium Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS), Sabtu, 25 Februari 2012.

Memang dalam nyatanya, subsidi BBM sebesar Rp200 triliun lebih banyak dinikmati kalangan mampu yang memiliki mobil atau sepeda motor. “Kan kasihan orang yang tidak mempunyai mobil dan motor. Mereka tidak bisa menikmati uang subsidi BBM tersebut,” ujarnya.

Meski demikian, tekanan untuk menaikkan harga BBM sangat luar biasa. Bahkan, setiap kali  menyampaikan persoalan tersebut ke presiden selalu dijawab bahwa secara teori ekonomi memang selalu begitu harus dinaikkan.

“Jika nanti terpaksa dinaikkan karena tidak mungkin lagi. Yang dipikirkan adalah, bagaimana supaya tidak terulang lagi, yakni agar apabila harga BBM naik tetapi orang miskinnya tidak bertambah,” ujarnya.

Fomulasi itulah yang sedang dipikirkan pemerintah. Butuh diskusi panjang supaya kenaikan harga BBM tidak berdampak terhadap kenaikan jumlah orang miskin. “Formula ini belum ditemukan sekarang. Padahal, kita siang dan malam memikirkan terus,” ujar Dahlan. 

Sumber : VIVAnews


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Pemerintah Pusing Pikirkan Formula Harga BBM Rating: 5 Reviewed By: Register Center