Latest News
Jumat, 20 Desember 2013

Vietnam Bakal Larang Sepeda Motor di Kota Besar

Para pengendara sepeda motor di Kota Ho Chi Minh, Vietnam 
Para pengendara sepeda motor di Kota Ho Chi Minh, Vietnam 


Setiap hari ada 26 orang tewas di jalan.
TB News - Pemerintah Vietnam berencana melarang sepeda motor di kota-kota besar seperti Hanoi dan Ho Chi Minh.

Langkah itu dilakukan untuk mengurangi polusi dan meningkatkan persentase keselamatan di jalan. Menurut data National Traffic Safety Committee (NTSC), setiap hari ada 26 orang tewas di jalan dan 81 lainnya luka-luka.

Menurut Deputi Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc, kota-kota besar seperti Hanoi dan Ho Chi Minh harus meningkatkan transportasi umum sebelum akhirnya membatasi jumlah kendaraan pribadi.

Phuc mengakui kalau soal lalulintas adalah urusan rumit. "Harus ada solusi rinci dan terobosan, termasuk rencana untuk secara bertahap melarang sepeda motor di kota-kota besar," katanya dilansir Visordown, Jumat 20 Desember 2013.

Namun, rencana pelarangan tentu akan menimbulkan kontroversi. Bahkan wakil ketua NTSC Nguyen Hoang Hiep pesimis hal itu bisa dilakukan.

"Tidak mungkin, karena ekonomi belum berkembang. Ditambah lagi kurangnya infrastruktur dan transportasi umum yang tak memadai," kata dia.

Menurut Hiep, Vietnam baru bisa melakukan pelarangan sepeda motor di 2020-2025 mendatang, di mana infrastruktur transportasi umum sudah memadai.
Dalam sebuah survei yang dilakukan saluran berita Vietnam VTC terhadap 27.000 orang, 54 persen responden mendorong pemerintah untuk memiliki rencana untuk melarang sepeda motor.

Kemudian 31 persen mengatakan motor harus dilarang setelah ada alternatif sarana transportasi dan 14 persen menentang secara langsung larangan itu.

Saat ini diperkirakan ada 37 juta sepeda motor di Vietnam, jauh lebih tinggi dibanding populasi mobil yakni 1,6 juta unit. Sepeda motor menjadi tulang punggung transportasi, perdagangan dan pertumbuhan ekonomi di sana.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Vietnam Bakal Larang Sepeda Motor di Kota Besar Rating: 5 Reviewed By: Register Center