Latest News
Jumat, 06 Desember 2013

MANFAAT DAN KHASIAT BUAH APEL BAGI KESEHATAN DAN KECANTIKAN


Apel merupakan buah yang sangat populer baik di Indonesia dan di dunia. Buah apel pertama kali ditanam di wilayah Asia Tengah, namun kini apel pun telah berkembang di berbagai daerah di dunia. Buah yang memiliki nama latin Malus Domestica ini menjadi salah satu buah yang difavoritkan oleh banyak orang, bahkan mungkin banyak orang juga mengkonsumsi apel secara rutin, baik itu sebagai pencuci mulut sehabis makan. Hal ini dikarenakan rasanya yang manis dan kandungan nutrisinya yang berkhasiat bagi kesehatan. Buah apel ini mengandung vitamin C dan kaya akan zat antioksidan. Menurut penelitian, khasiat buah apel ini bisa untuk mengurangi resiko terkena kanker paru-paru, kanker usus besar, dan kanker prostat serta serat yang terkandung dalam buah apel ini bisa membendung penyakit jantung, mengontrol berat badan, dan menurunkan kolesterol. Lalu apa saja manfaat dan khasiat buah apel tersebut? Dibawah ini saya akan memberikan ulasannya untuk para pembaca semua.
  1. Menyehatkan saluran pencernaan, Sebuah studi menggunakan tikus yang di beri ekstrak apel dan hasilnya luar biasa, 43% tikus yang di beri apel lebih rendah terkena resiko kanker usus. Jika ekstrak apel tersebut ada efek sama tikus, kemungkinan manusia juga bisa meraskan efeknya.
  2. Menyehatkan payudara wanita,Dengan mengkonsumsi buah apel secara teratur maka kanker payudara wanita bisa di cegah sejak dini.
  3. Menyehatkan organ hati,Anti oksidan dalam buah apel bisa melindungi hati dari serangan kanker, karena itulah khasiat buah apel bisa untuk menyehatkan hati.
  4. Mengontrol kadar gula dalam darah,Meskipun buah apel rasanya manis ternyata buah apel bisa mengontrol kadar gula dalam darah secara efektif. Hal ini sama juga ketika kita mengamati khasiat madu.
  5. Menurunkan kolesterol,Dengan mengkonsumsi 2 buah apel setiap hari maka terbukti bisa menurunkan kolesterol sebanyak 16%.
  6. Menurunkan berat badan, Apel memiliki serat yang dapat membantu pencernaan, jadi khasiat buah apel juga bisa untuk menurunkan berat badan.
  7. Membantu kerja usus halus,Mengkonsumsi apel secara teratur bisa mencegah konstipasi dan gangguan pencernaan lainnya.
  8. Mencegah pikun,Dari studi yang di lakukan Universitas yang bernama Cornell untuk khasiat buah apel  ternyata apel mengandung Quercetin yang berfungsi mencegah penyakit alzheimer.
  9. Mengobati anemia, Zat besi yang terdapat dalam buah apel bisa meningkatkan hemoglobin dalam darah.
  10. Mengembalikan stamina tubuh,Sama seperti manfaat telur, buah apel juga bisa mengembalikan stamina tubuh karena kandungan kalium dan enzim yang dapat meredakan kelelahan  dan mengurangi asam laktat dalam tubuh.
  11. Mengembalikan tubuh yang lesu,Keseimbangan kesehatan tubuh dapat di peroleh dengan mengkonsumsi apel secara teratur. Jika anda sedang mengalami letih, lesu dan lunglai maka cobalah memakan buah apel.
  12. Merawat gigi,Gigi anda akan lebih bersih apabila sering mengkonsumsi buah apel karena bakteri yang merusak gigi bisa hilang dengan mengkonsumsi buah apel.
  13. Merawat jantung, Buah apel bisa merawat jantung, maka dari itu mulai sekarang konsumsilah apel secara teratur.
  14. Mencegah dan mengobati rematik, Kandungan nutrisi dalam buah apel di percaya bisa mngobati penyakit reumatik.
  15. Merawat kesehatan kulit, Nutrisi yang terkandung dalam buah apel bisa merawat kulit, bahkan bukan cuma kulit tubuh tetapi juga bisa merawat kulit wajah sehingga banyak orang yang menggunakan buah apel untuk obat jerawat.
  16. Menekan sel kanker paru-paru, Hal ini di buktikan dengan studi yang melibatkan 10.000 orang dimana orang yang mengkonsumsi apel tidak bersiko terkena kanker paru-paru sebanyak 50%.
  17. Menyehatkan mata,Khasiat buah apel dipercaya bisa menyehatkan mata.
  18. Mengobati dan mencegah penyakit asma, Menurut penelitian, anak-anak yang sering minum jus apel tidak terserang penyakit asma.
  19. Mencegah osteoporosis, Masa tua akan di alami oleh semua orang. Bagi siapa saja yang tidak ingin mengalami osteoporosis maka dari sekarang konsumsi buah apel karena menurut penelitian manfaat buah apel bisa untuk merawat tulang.
  20. Mencerdaskan otak,Selain untuk mencegah pikun, buah apel juga bisa mencerdaskan otak karena mengandung Asetilkolin di dalamnya.

Khasiat buah apel ternyata sangat luar biasa, Jadi tunggu apalagi? Segera biasakan untuk mengkonsumsi buah apel setiap hari. (Cania Kanza, Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: MANFAAT DAN KHASIAT BUAH APEL BAGI KESEHATAN DAN KECANTIKAN Rating: 5 Reviewed By: AKN