Latest News
Jumat, 08 November 2013

Awas, Bos Galak Bisa Picu Diabetes dan Penyakit Jantung

Disebabkan stres kronis yang berkepanjangan.

TB News - Film The Devil Wears Prada banyak disukai karena kisahnya sesuai realita. Penonton seakan ikut merasakan penderitaan Anne Hathaway yang harus menghadapi bos super galak, sulit dipahami, dan banyak maunya. Itu mengingatkan pada atasan yang ada di kantor.
Beruntung, dalam film itu Hathaway akhirnya bisa lepas dari tekanan sang bos yang diperankan Meryl Streep. Di kondisi nyata, belum tentu ada karyawan yang berani seperti dia. Padahal, stres yang dialami para pekerja dengan atasan buruk, tak bisa dianggap sepele.
Mengutip laman Daily Mail, sebuah penelitian menyebutkan bahwa stres berkepanjangan dapat menyebabkan perubahan aktivitas genetik dalam sel imun. Sel-sel itu akan melawan infeksi yang sebenarnya tidak ada. Akibatnya, terjadi peradangan dalam tubuh.
Jika itu sudah terjadi, banyak masalah kesehatan yang bisa muncul. Di antaranya: penyakit jantung dan diabetes.
Fakta itu ditemukan tim peneliti dari Ohio State University, Amerika Serikat setelah mengamati uji coba terhadap sejumlah tikus selama 10 tahun. Tikus-tikus itu diteliti untuk mengungkap bagaimana stres kronis dapat mengubah tubuh dan otaknya, hingga memengaruhi perilaku dan kondisi kesehatannya.
Uji coba dilakukan dengan meletakkan beberapa tikus jantan menjadi satu. Mereka dibiarkan hidup bersama bersama untuk membentuk sebuah hierarki. Lalu, seekor tikus jantan agresif dimasukkan ke kelompok tersebut selama dua jam setiap harinya.
Dari situ terlihat, para tikus yang sudah berkelompok sebelumnya menunjukkan respon aneh setiap kali dimasuki tikus ‘penyusup’. Mereka rupanya berada pada kondisi stres kronis.
“Apa yang terjadi ketika sistem saraf simpatetik Anda dibolak-balik secara terus-menerus? Kami melihat ada konsekuensi yang lebih buruk dari itu,” ujar Dr John Sheridan, direktur asosiasi dari University Institute for Behavioural Medicine Research, Ohio State University.
Studi tak berhenti sampai di situ. Para peneliti juga menguji sampel darah orang-orang yang tinggal di daerah miskin. Tak dinyana, mereka menemukan adanya kesamaan sel imun dengan orang-orang yang bekerja dengan atasan buruk. Bisa dibilang mereka sama stresnya.
Dari studi itu juga, terlihat adanya perubahan sumsum tulang belakang yang dipicu oleh stres. Akibat stres kronis, salah satu sel dalam sistem imun berubah menjadi pro-inflamasi. Itulah yang menyebabkan peradang
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Awas, Bos Galak Bisa Picu Diabetes dan Penyakit Jantung Rating: 5 Reviewed By: Register Center