Latest News
Kamis, 24 Oktober 2013

Diberi Ganti Rugi Rp1 Juta, Pawang Monyet Tak Puas

Topeng monyet yang sedang melakukan atraksi 
Topeng monyet yang sedang melakukan atraksi (id.wikipedia.org)


"Kalau buka tambal ban saja modalnya Rp3 juta." 
TB News - Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo mengaku iba melihat 10 monyet yang ditangkap dalam razia kemarin sore. Monyet-monyet itu akan segera diperiksa dan dibawa ke Taman Margasatwa Ragunan. Namun, penangkapan kelompok pertunjukan topeng monyet ini mendapat protes dari para pawang.

Salah seorang pawang bernama Gofur mengaku bingung ke mana harus mencari nafkah bila usahanya dilarang. Selain itu, kata dia, ganti rugi yang ditawarkan tidak seimbang dengan modal.

"Kami belum tahu berapa ganti ruginya? Katanya Rp1 juta. Itu tidak bakal cukup. Modal kami lebih. Saya beli monyet Rp700 ribu, beli alat musik sama peralatan Rp800 ribu. Kalau buka tambal ban saja modalnya Rp3 juta," kata Gofur yang menjadi pawang topeng monyet sejak dua tahun lalu di Lapangan Monas, Rabu, 23 Oktober 2013.

Gofur merasa sudah nyaman dengan profesi itu. Dengan membuat atraksi topeng monyet keliling kampung, dia mendapat penghasilan Rp50 ribu per hari.

Mendapat keluhan itu, Jokowi berjanji untuk mencarikan jalan ke luar. "Masalah monyetnya sudah beres. Sekarang masalah pawangnya. Saya sudah bicara sama mereka ada yang mau jualan sayur, buka tambal ban dan macam-macam," ujar Jokowi.

Mantan Wali Kota Solo ini mengaku sudah memerintahkan Dinas Sosial untuk memfasilitasi para pawang. "Kami pasti selesaikan dan carikan solusi buat para pawang yang mau ganti usaha."
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Diberi Ganti Rugi Rp1 Juta, Pawang Monyet Tak Puas Rating: 5 Reviewed By: Register Center