Latest News
Kamis, 04 Juli 2013

Turki panggil diplomat AS, minta penjelasan soal penyadapan

 
Menlu Turki Ahmet Davutoglu
TB News - Turki pada Rabu memanggil diplomat nomor dua kedutaan besar Amerika Serikat terkait tuduhan bahwa Washington melakukan penyadapan terhadap sejumlah kedutaan dan kantor asing, termasuk Turki, kata kementerian luar negeri.

Turki menuntut penjelasan dari kepala perwakilan sementara kedutaan AS di Ankara, Jess Baily, yang diundang kementerian luar negeri di tengah ketidakberadaan duta besar Amerika, kata kementerian itu dalam pernyataan.

Langkah tersebut muncul setelah Menteri Luar Negeri Turki Ahmed Davutoglu bertemu dengan Menteri Luar Negeri AS John Kerry di Brunei --di sela-sela pertemuan internasional, kata pernyataan.

Kementerian luar negeri Turki mengatakan laporan-laporan media bahwa AS secara luas melakukan penyadapan terhadap kantor diplomatik Eropa merupakan hal yang "mencemaskan". Kementerian mengatakan evaluasi akan dijalankan "mengingat jawaban-jawaban dari pihak berwenang AS menyangkut klaim tersebut."

Laporan media mengatakan bahwa penyadapan oleh Badan Keamanan Nasional Amerika Serikat (NSA) terhadap kantor-kantor serta kedutaan-kedutaan besar Eropa telah menyebabkan kekhawatiran yang luas di Eropa.

Uni Eropa, Prancis dan Jerman dengan rasa marah telah meminta jawaban terhadap tuduhan itu., demikian AFP.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Turki panggil diplomat AS, minta penjelasan soal penyadapan Rating: 5 Reviewed By: Register Center