Latest News
Minggu, 14 Juli 2013

Rusia Tunggu Permintaan Suaka Secara Resmi dari Snowden


Edward Snowden didampingi Sarah Harrison dari Wikileaks (kiri) saat bertemu dengan sejumlah aktivis HAM di Bandara Sheremetyevo, Rusia. 
TB News - Rusia pada Sabtu (13/7/2013) menyatakan menunggu permintaan suaka dari Edward Snowden secara resmi, yang saat ini sedang menghadapi risiko ditangkap oleh Washington lantaran membuka kegiatan mata-mata yang dilakukan oleh AS.

Snowden pada Jumat kemarin memanggil para aktivis Rusia di zona transit Bandara Sheremetyevo Moskwa, tempat dia terdampar selama 3 pekan tanpa dokumen yang valid setelah datang dari Hong Kong.

Akan tetapi, sehari setelah itu, pihak Rusia menyatakan bahwa tidak mengetahui langkah yang dilakukan Snowden dengan memanggil para aktivis Rusia. Menlu Rusia, Sergei Lavrov mengungkapkan bahwa Moskowa sama sekali tidak melakukan kontak dengan pembocor kegiatan mata-mata oleh AS itu.

“Hukum Rusia secara spesifik mengatur mengenai seseorang yang ingin mendapatkan suaka politik, yaitu dengan mendekati Layanan Migrasi Federal," ujarnya.

Pihak AS telah meminta Moskwa mengekstradisi Snowden untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya membocorkan aktivitas mata-mata oleh Agensi Keamanan Nasional (National Secutiry Agency/NSA).

Snowden, (30) muncul ke publik pertama kalinya sejak tiba di Moskwa, dengan menemui para aktivis Rusia. Dalam pertemuan itu, dia mengatakan ingin mengajukan suaka sementara ke Rusia sampai dia bisa merasa aman memulai perjalanan ke Amerika Latin untuk memperoleh suaka permanen.

Namun sampai hari ini, tidak ada satu pun pejabat Rusia yang secara resmi mengonfirmasi bahwa Snowden telah mengajukan aplikasi.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Rusia Tunggu Permintaan Suaka Secara Resmi dari Snowden Rating: 5 Reviewed By: Register Center