Latest News
Jumat, 19 Juli 2013

Ingin Pakai Celana Pendek, Siswa SMA Demo Pakai Rok

Mereka protes, siswi pakai rok, siswa wajib bercelana panjang. Panas.

Musim panas di Eropa. 
Musim panas di Eropa. 

TB News - Sekelompok siswa SMA Whitchurch di kota Cardiff, Inggris, menggelar unjuk rasa memprotes kebijakan seragam sekolah dengan cara unik. Empat siswa laki-laki itu mengenakan rok milik siswa perempuan.

Sebab, mereka merasa kepanasan karena wajib mengenakan celana panjang saat musim panas terik. Seperti dikutip dari laman Dailymail, Jumat 19 Juli 2013, sambil mengenakan rok, keempat siswa itu kemudian meneriakkan tuntutan agar diizinkan menggunakan celana pendek ketimbang celana panjang.

Tak pelak pemandangan yang tak biasa itu menarik perhatian siswa lainnya di SMA Whitchurch. Mereka bingung, ketika melihat sekelompok siswa pria malah mengenakan rok dan berjalan berkeliling koridor.

Menurut salah seorang siswa yang ikut berunjuk rasa, Tyrone Evelyn, mereka sengaja menuntut mengenakan celana pendek karena itu merupakan seragam yang lebih sesuai dikenakan pada waktu musim panas tiba. "Itu lebih sesuai dikenakan pada saat cuaca seperti ini. Kami tidak ingin merasa kepanasan dan terganggu," kata Evelyn.

Masih menurut Evelyn, saat dia terpaksa mengenakan celana panjang di musim panas, dia kerap merasa pusing dan mengalami iritasi kulit karena terlalu panas. "Apabila wanita dibolehkan mengenakan rok, kami tidak mengerti kenapa tidak diizinkan memakai celana pendek. Ini merupakan unjuk rasa yang masuk akal," katanya.

Aksi protes itu juga didukung sang ibu, Andrea John, yang berpendapat bahwa seharusnya siswa pria juga diberikan pilihan untuk dapat memakai celana tiga perempat. "Biayanya akan tetap sama apabila mereka mengenakan celana panjang," kata dia.

Dipanggil Kepala Sekolah
Aksi unjuk rasa itu tidak berlangsung lama, karena keempatnya kemudian dipanggil ke ruang Kepala Sekolah, Huw Jones-Williams. Jones-Williams kemudian memerintahkan keempatnya mengganti rok yang mereka kenakan dengan celana panjang.

Jones-Williams juga bersikukuh tidak akan mengubah kebijakan sekolah terkait seragam yang membolehkan siswi memilih untuk mengenakan rok atau celana panjang. Sementara itu, siswa pria dilarang menggunakan celana pendek.

Jones-Williams beralasan, kebijakan penggunaan celana panjang sudah sesuai dan telah mempertimbangkan risiko kesehatan yang ada. Bahkan, dia mengatakan telah mengutus petugas ke setiap ruang kelas dan memastikan para siswa dapat mengatasi cuaca panas.

Saat ditanya soal kebijakan yang diberlakukan sekolah lainnya di Cardiff yang membolehkan siswa pria mengenakan celana pendek olahraga, Jones-williams mengaku tidak dapat mengomentari kebijakan yang berlaku di sekolah itu. "Saya akan tetap melanjutkan kebijakan ketat soal penggunaan seragam dan sekaligus memantau cuaca," kata dia.

Saat ini, Inggris tengah memasuki musim panas. Menurut laman Exact Wheather, hampir sebagaian besar daerah di selatan Inggris akan mengalami cuaca yang kering dan relatif lebih hangat. Suhu rata-rata mencapai 28 derajat Celcius. Bahkan di beberapa bagian di kota London cuaca di luar akan menyentuh suhu 30 derajat Celcius. 

© VIVA.co.id
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Ingin Pakai Celana Pendek, Siswa SMA Demo Pakai Rok Rating: 5 Reviewed By: Register Center