Latest News
Senin, 01 Juli 2013

Bagaimana dinosaurus ini jadi berkaki dua

TB News - Dengan mengkombinasikan analisis biokimia dan histologi tulang, para palaeontologis dari Beijing, Bristol, dan Bonn berhasil menelusuri bagaimana dinosaurus berkaki empat berubah menjadi binatang berkaki dua.

Psittacosaurus, dinosarus peniru dikenal memiliki kurang lebih 1.000 spesimen yang hidup di masa Cretaceous 100 juta tahun lalu di wilayah yang kini disebut China dan bagian timur Asia lainnya, demikian laman Science Daily, Senin. 

Sebagai bagian dari desertasinya pada Universitas Bristol, Qi Zhao, yang kini staf peneliti pada Institut Paleontologi Vertebrata Beijing, melakukan penelitian yang rumit terhadap tulang-tulang dinosaurus bayi, remaja dan dewasa.

Zhao berkata, "Sejumlah tulang bayi Psittacosaurus hanya beberapa milimeter panjangnya, sehingga saya mesti menanganinya dengan amat hati-hati agar bisa diteliti. Saya juga mesti teliti untuk menghindari sekecil-kecilnya kerusakan terhadap spesimen-spesimen yang bernilai ini."

Dengan seizin Institut Beijing, Zhao membagi dua tulang lengan dan dua tulang kaki dari 16 dinosaurus, dari yang baru berumur satu tahun sampai sepuluh tahun atau sudah tua. 

Dia melakukan penelitian yang rumit ini di satu laboratorium khusus palaeohistologi di Bonn, Jerman.

Dinosaurus yang baru berumur satu tahun memiliki lengan panjang dan kaki pendek, yang muncul begitu mereka ditetaskan. 

Bagian-bagian tulang ini menunjukkan bahwa tulang lengan tumbuh lebih cepat saat binatang-binatang ini berumur satu sampai tiga tahun. 

Lalu, dari umur empat sampai enam tahun, pertumbuhan lengan mengendur, sedangkan tulang kaki tumbuh luar biasa, hampir dua kali panjang tulang lengan. Ini penting bagi binatang yang memerlukan kaki sebagai penyangga tubuhnya ketika dewasa nanti.

Profesor Xing Xu dari Institut Beijing yang menjadi penyelia desertasi Zhao berkata, "Penelitian yang luar biasa ini, yang pertama di jenisnya, menunjukkan seberapa banyak informasi terkunci di tulang-tulang dinosaurus. Kami senang penelitian ini berjalan begitu baik, dan menyaksikan metode-metode baru digunakan untuk memahami kehidupan dinosaurus yang menakjubkan itu."

Sedangkan Profesor Mike Benton dari Universitas Bristol yang juga penyelia Dr Zhao berkata, "Penelitian-penelitian semacam ini bisa mencerahkan evolusi dinosaurus seperti Psittacosaurus. Memiliki bayi dan remaja berkaki empat menunjukkan bahwa kadang pada keturunannya, baik remaja maupun dewasa, memiliki pula empat kaki. Psittacosaurus dan dinosaurus pada umumnya selanjutnya menjadi bipedal (berkaki dua)."
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Bagaimana dinosaurus ini jadi berkaki dua Rating: 5 Reviewed By: Register Center