Latest News
Kamis, 13 Juni 2013

Mau Jadi Miliuner? Belajarlah dari 'Superman' Asia Terkaya Ini

http://images.detik.com/content/2013/06/13/68/093016_likasing.jpg


TB News - Asia kini tak lagi bisa dipandang sebelah mata. Pertumbuhan ekonominya saat ini merupakan yang tercepat di seluruh kawasan lain. Asia, menjadi 'rumah' para miliuner baru yang super kaya dan sukses.

Siapa yang mau jadi miliuner? Mungkin seharusnya bukan sebuah pertanyaan namun justru pernyataan 'Siapa yang tak mau jadi miliuner!'

Lewat sebuah artikel yang dilansir dari AsiaOne, Kamis (13/6/2013), detikFinance mencoba mengungkap bagaimana orang terkaya di seluruh Asia ini mampu membangun 'kerajaannya' sendiri.

Adalah warga Hong Kong bernama Li Ka-Shing yang saat ini berumur 84 tahun. Kekayaannya mencapai US$ 29,7 miliar atau mencapai Rp 282 triliun!

Li dikenal sebagai satu tokoh bisnis paling kuat di Asia. Ia bahkan memiliki julukan "Superman" karena kekuatannya yang mampu mencetak banyak transaksi bisnis yang menguntungkan.

Li Ka-shing memegang 3 perusahaan yakni Cheung Kong, Hutchison Whampoa, dan Husky Energy.

Li bertempat tinggal di Hong Kong dan ia juga menjadi orang terkaya ke-9 di antara orang-orang di seluruh dunia.

Sejarahnya, Li tidak pernah menyelesaikan pendidikannya. Ia berhenti sekolah ketika berumur 12 tahun. Li stop bersekolah karena berniat membantu keluarganya. Tapi Li berhenti sekolah karena memang terpaksa, ia dan keluarganya tidak memiliki uang. Jadi bukan karena malas.

Pria yang berumur 84 tahun ini memulai bisnisnya dengan membuat mainan. Kegigihannya ia bisa mendirikan perusahaan sendiri yang memang perusahaan tersebut dari kecil sekali. Saat ini Li memiliki dua seorang anak dan berstatus duda. Salah satu anaknya, yakni Richard bertengger di urutan ke-28 orang paling tajir se-Hong Kong.

Baru-baru saja, Li membeli perusahaan gas Wales & West Utilities di Inggris senilai US$ 1 miliar pada Oktober 2012 lalu. Li terkenal dermawan dan yayasannya sosialnya cukup fokus di urusan kemanusiaan.

Yayasan miliknya, yang bernama Li Ka Shing Foundation, mengumpulkan beberapa pepatah atau tips yang merepresentasikan kehidupan sang taipan. Seluruh tipsnya ini, pernah diucapkan langsung oleh CEO Cheung Kong Holdings Limited dan Hutchison Whampoa Limited ini di masa lalu:



  1. Sebagai pemimpin, seseorang harus lebih sering menghabiskan waktu merencanakan masa depan
  2. Jangan terlalu optimistis ketika pasar sedang bagus, jangan pula terlalu pesimistis ketika pasar sedang buruk
  3. Reputasi yang bagus bagi perusahaan dan diri anda adalah aset berharga yang tidak ternilai meski tidak tertulis dalam laporan keuangan
  4. Tidak peduli betapa kuat atau ahlinya anda di satu bidang, jika anda tidak punya hati dan niat yang kuat, anda tidak akan sukses
  5. Untuk menjadi manajer yang baik, sikap dan kemampuan adalah bahan dasar yang harus seimbang. Seorang pemimpin bisa memberi inspirasi kepada bawahannya, sementara seorang bos mendominasi bawahannya sehingga mereka merasa kecil.
  6. Rumus untuk bisa sukses itu sulit ditemukan, anda pun harus hati-hati karena tanda-tanda kegagalan justru tersebar di mana-mana. Membangun sebuah fondasi yang bisa meminimalisir kegagalan sudah terbukti bisa menjadi jalan pintas menuju kesuksesan.
  7. Seorang manajer yang sukses adalah yang bisa membaca bakat orang lain. Tak hanya mereka bisa memilih orang yang lebih pintar dari dirinya, tetapi juga bisa menghindari memilih karyawan yang terlalu bangga akan dirinya melebihi keahlian aslinya.
  8. Seni manajemen yang bagus terletak dalam kapasitasnya menerima tantangan, serta kemampuannya melebur pemikiran baru dan lama.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Mau Jadi Miliuner? Belajarlah dari 'Superman' Asia Terkaya Ini Rating: 5 Reviewed By: Register Center