Latest News
Kamis, 09 Mei 2013

Whisky dari Kapal Karam Tahun 1941 Dijual Rp 181 Juta

thumbnail 


TB News - Nilai sejarah sebuah produk sering menjadi salah satu faktor penentu harga jual. Walaupun sudah tidak bisa diminum, dua buah botol dari muatan kapal SS Politician yang karam tahun 1941 dilelang. Seorang kolektor whisky membelinya sehargaRp 181juta!

SS Politician adalah kapal kargo yang dimiliki oleh T & J Harrison dari Liverpool, Inggris. Kapal bermuatan 28.000 kotak malt whisky ini mulai berlayar pada 3 Februari 1941 ke Kingston hingga New Orleans. Sayangnya kapal ini karam di dekat pulau Eriskay, Skotlandia selatan, Sebagian besar muatan whisky tersebut akhirnya diselamatkan oleh para warga pulau tersebut.

Total terdapat 8 botol yang tersisa setelah masyarakat pulau mengambil sebagian besar whisky dari kapal yang karam tersebut. Botol-botol tersebut ditemukan oleh warga setempat bernama Donald MacPhee pada tahun 1987. Kemudian ia menjualnya di pelelangan Christie's dan mendapatkan £4,000 atau sekitar Rp 60.298.800.

Dua botol diantaranya dibeli oleh seorang pria di Fraserburgh, Skotlandia yang baru-baru ini meninggal. Istrinya lalu memutuskan untuk kembali menjualnya lengkap dengan surat keterangan keaslian dari Christie's.

Baru- baru ini dua botol yang menjadi bagian muatan tersebut dijual di situs lelang online bernama Scotch Whisky Auctions di Glasgow, Skotlandia. Setelah lebih dari satu minggu lelang dibuka, pada hari Minggu (05/05/2013) lelang akhirnya ditutup.

Dua whisky ini dibeli oleh warga negara Inggris yang tidak diketahui namanya dengan harga £12.050 atau sekitar Rp 181 juta.

“Ini bukan whisky yang dibeli untuk diminum, mereka yang membelinya mengerti benar nilai sejarah minuman ini. Faktanya hal ini menjadi bagian menarik dari sejarah Skotlandia,” tutur Bill Mackintosh selaku Direktur Scotch Whsky Auctions kepada Daily Mail (08/05/2013).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Whisky dari Kapal Karam Tahun 1941 Dijual Rp 181 Juta Rating: 5 Reviewed By: Register Center