Latest News
Selasa, 25 Desember 2012

Desa Baru Debai dan Semerah Menjadi Percontohan Desa Era Teknologi Informasi Provinsi Jambi dengan membangun Website Desa

TB News Gagasan Desa Era Teknologi Informasi ini timbul atas  hasil pemikiran untuk menjelmakan Program pemerintah yakni tentang e-learning, e-goverment dan lainnya serta pemenuhan UU No 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik maupun mewujudkan Good Governence. Pada beberapa tahun lalu, Handpone (HP) belumlah menjamur seperti dimiliki  banyak orang Indonesia seperti di tahun 2000 sampai saat ini.  Namun dalam keseharian Tim TIK Lembaga talago batuah Indonesia,  sejak tahun 1999 sudah mulai aktif  mengutak-atik komputer dan kemudian internet, terkait dengan tanggung  jawabnya mengelola Lembaga Teknologi Informasi Talago Batuah Indonesia.

Menurut Ketua Umum Talago batuah Indonesia Yan Salam Wahab, SHI “Ide Dasar dari program ini adalah adanya Tua Muda, pria maupun wanita, asal bisa membaca dan menulis, semua bisa kita  siapkan menjadi SDM yang menguasai Teknologi Informasi”. pungkasnya. Mewujudkan Jaringan Internet Antar Desa, Secara singkatnya, saat itu Yan telah memprediksi, bahwa kelak HP akan murah, dan Internet bisa  diakses hanya dengan HP sampai ke desa-desa. ”Kini, memasuki era 2000an, hal itu menjadi kenyataan. Bahwa HP sudah sangat murah, dan harganya terjangkau oleh masyarakat dari Pedesaan sampai perkotaan. Mulai dari Petani Tukang Becak, Ojek, sampai Presiden, dengan mudah telah bisa memiliki HP.” Yan melanjutkan lagi ” Sayangnya, ketika banyak orang desa telah memiliki HP, mereka belum mampu memaksimalkan manfaat ekonomis dari  keberadaan barang Teknologi Tinggi itu. Apalagi untuk meningkatkan pendidikan, politik, sosial, budaya, dan sebagainya”. Jelasnya.

Karim Sekdes Desa Baru Debai Kecamatan tanah kampung mengatakan ”Kendala utamanya, tentu saja , ketidak mampuan masyarakat desa untuk  mengaplikasikan berabagai  Teknologi Informasi (TI) secara terpadu, dengan segala potensi sumberdaya manusia terlatih dan trampil dibidang tersebut. Padahal, kalau saja kemampuan TI mereka sedikit ditingkatkan, dengan belajar komputer dan internet, maka mereka akan mampu borkomunikasi dan berinteraksi dengan seluruh masyarakat dunia, dan itu bisa dikerjakan dari rumah dan desa masing-masing”. Kata karim.

Dengan adanya Pembuatan Website Desa nanti Petani Desa bisa berbisnis Antar Propinsi Bahkan Antar Negara. Kepala Desa Semerah Zulkifli mengatakan ”Jika banyak petani dan masyarakat  pelaku ekonomi pedesaan yang mulai  mengerti  aplikasi TI, maka segala program Pemerintah untuk mensejahterakan Rakyat Indonesia, yang 70 persen tinggal di desa, akan segera menjadi kenyataan” pungkas Zulkifli Kepala Desa Semerah yang juga merupakan Pengusaha ini ”Dengan TI, seorang petani, tukang ojek,dan pegawai swasta ataupun negeri, bisa menjalin kerjasama bisnis, sosial, pendidikan dan budaya,  dengan  saudara-saudaranya sesama profesi dari berbagai daerah, bahkan dari berbagai Negara lewat  Internet!. Bnyak yangmengatakan ..Ah, yang benar?? Kan bahasanya  beda daerah  beda negara juga beda bahasa?? Oh, itu gampang!  Dengan Internet, semua orang akan mendapat  servis terjemahan  puluhan bahasa dunia secara Gratis” pungkasnya.

Dengan adanya Program dari Talago Batuah Indonesia untuk mengujudkan  Desa Era Teknologi Informasi, Rata-rata Pemuda dan Pengurus Karang Taruna Desa ingin segera adanya program memberdayakan Masyarakat Desa. Endra salah seorang pemuda Kota Sungai Penuh Mengatakan “Program Utamanya pemerintah Jadikan Semua Aparat Desa Melek TI. Caranya tentu saja, Pemerintah harus memfasilitasi Pelatihan dan pengadaan Sarana Aplikasi TI ke segenap pemerintahan Desa”.

Ikhsan sebagai aparat Desa Juga mengatakan ”Dengan adanya semua bentuk acara dan program pembangunan desa bisa kita publikasikan ke dunia melalui website itu, ke depan sarana dan prasarana TIK segera di penuhi secara lengkap untuk kemudahan manajemen pengelolaan Desa” kantanya.

Maka Desember 2012 ini Lembaga Talago Batuah sudah meluncurkan  Website Desa Baru Debai Kecamatan Tanah Kampung Kota Sungai Penuh dengan akses http://desabarudebai.sungaipenuhkota.org dan Desa Semerah Kecamatan Sitinjau Laut Kabupaten Kerinci dengan akses http://semerah.kerincikab.org sebagai Desa Percontohan Website Desa Era Teknologi Informasi dari Provinsi Jambi, dengan standarisasi menu maksimal melebihi Website Kabupaten/Kota setempat, dan Pantas Menjadi Desa Modern di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. (AAB)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

2 komentar:

Item Reviewed: Desa Baru Debai dan Semerah Menjadi Percontohan Desa Era Teknologi Informasi Provinsi Jambi dengan membangun Website Desa Rating: 5 Reviewed By: Register Center