Latest News
Sabtu, 28 Juli 2012

KEMENDIKNAS / KEMENAG JANGAN TAKUT MENURUNKAN RSBI /SSN/MODEL JADI SEKOLAH STANDAR BIASA UNTUK JAMBI

 Kerinci –Yan Salam Wahab, SH Direktur Eksekutif LSM Talago batuah Mengatakan, Sekolah/Madrasah Standar Biasa lebih cocok daripada Sekolah/Madrasah Standar Nasional (SSN) ataupun Rintisan Sekolah/Madrasah Bertaraf Internasional (RSBI) di Kerinci dan Kota Sungai Penuh Maupun Propinsi Jambi pada umumnya. Jika RSBI tidak dapat memenuhi standar yang diharapakan, Pemerintah harus menurunkan status jika tak memenuhi kualifikasi menjadi Sekolah/Madrasah Bertaraf Nasional (SSN) maupun Rintisan Internasional (RSBI).
Direktur LSM Talago batuah menjelaskan,  hampir separuh lebih SSN/RSBI/MODEL di Indonesia Khusunya Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh, disebut-sebut tak mempunyai standar yang jelas tentang arah kiblat pendidikan. Hasil verifikasi LSM Talago Batuah dengan TIM Survai Independen Pendidikan LTB-RI menyatakan tak ada satupun SSN/RSBI/MODEL di Sungai Penuh dan Kabupaten kerinci yang layak memenuhi Kriteria menjadi SSN/RSBI/MODEL.
Ditambahkan dia, ini menunjukkan sistem yang selama ini diterapkan SSN/RSBI/MODEL tidaklah tepat. Pemerintah, kata dia, harus merumuskan kembali standar baku pendidikan yang harus diikuti oleh Sekolah/Madrasah-Sekolah/Madrasah bertaraf SSN/RSBI/MODEL harus dievaluasi total, pemerintah jangan segan-segan menurunkan statusnya menjadi Standar," ujar Aktifis Pendidikan ini, Jumat(27/7).
Pemerintah pun, lanjut Yan, jangan segan-segan menaikkan status Standar menjadi SSN/RSBI/MODEL, jika memang kualitasnya layak. Selama ini tak ada standar yang jelas mengenai kurikulum SSN/RSBI/MODEL, sistem pembelajaran dan kualifikasi sumberdaya guru pengajar, dan fasilitas Sekolah/Madrasahnya.
Kemendiknaspun pun, kata dia, harus berani mengambil sikap untuk memperjelas komitmen SSN/RSBI/MODEL ke depan."Pemerintah jangan khawatir jika harus menurunkan derajat SSN/RSBI/MODEL jadi Sekolah/Madrasah Standar. Sehingga yang baik akan terlihat baik. Itu lebih fair daripada seluruh SSN/RSBI/MODEL digeyah-uyah tak layak menjadi SSN/RSBI/MODEL," kata Yan.
Sebelumnya, kata dia,  pemerintah telah memberikan batasan pada Standar untuk meningkatkan kualifikasinya, sehingga bisa dinaikkan menjadi SSN/RSBI/MODEL. Untuk tingkat SD dan SMP, pemerintah memberi waktu selama tiga tahun dan SMA selama lima tahun, namun setelah tujuh tahun belum ada perkembangan yang signifikan.
LSM Talago batuah mencatat dari Puluhan unit Sekolah/Madrasah yang tersebar di seluruh Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci Wilayah Propinsi Jambi, hampir tak ada yang layak 100 persen menjadi SSN/RSBI/Model. Alasannya, kualitas SDM para pengajar di SSN/RSBI/MODEL masih buruk apalagi dalam urusan tuntutan bidang Iptek IT maupun Teknologi informasi lainnya yang sekarang dituntut untuk di terapkan, mereka umumnya tidak mampu meski berlabel Nasional/Internasional.
Oleh : IIN
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: KEMENDIKNAS / KEMENAG JANGAN TAKUT MENURUNKAN RSBI /SSN/MODEL JADI SEKOLAH STANDAR BIASA UNTUK JAMBI Rating: 5 Reviewed By: Register Center